Home
news
Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah Tahun 2018

Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah Tahun 2018


Senin, 2017-03-13 - 10:32:53 WIB

Dalam rangka pelaksanaan amanat undang–undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan undang–undang nomor 32 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, maka salah satu tahapan yang wajib dilaksanakan dalam proses penyusunan rencana kerja skpd adalah forum OPD. Forum OPD merupakan wahana antara pihak–pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan skpd sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah. Pada forum opd yang kita laksanakan hari ini, akan membahas rancangan rencana kerja skpd dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan Renja SKPD.

Dalam pembahasan rancangan rencana kerja yang akan dibahas harus mengacu kepada visi dan misi dinas perindustrian dan perdagangan provinsi banten. Adapun visi dan misi dinas perindustrian dan perdagangan provinsi banten periode tahun 2012-2017 sebagai berikut:

Visi:

“industri dan perdagangan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi daerah untuk kesejahteraan masyarakat banten ”

Misi:

  1. Peningkatan   kapasitas dan    kapabilitas  kelembagaan    dinas perindustrian dan perdagangan provinsi banten.   
  2. Peningkatan dan pengembangan sentra/klaster, struktur, nilai tambah dan daya saing industri berbasis kompetensi daerah.
  3. Peningkatan efisiensi distribusi dan penguatan sarana perdagangan serta peningkatan pelayanan standarisasi & kemetrologian

Pada rencana kerja tahun 2017 ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten mempunyai program yang telah ditetapkan dalam rpjm provinsi banten sebagai berikut :

   1. Program peningkatan dan pengembangan perdagangan

  1. Cakupan peningkatan prasarana dan sarana kelancaran distribusi perdagangan/pasar tradisional (20%)
  2. Cakupan pemberdayaan, perlindungan konsumen dan pengawasan barang beredar & jasa (20%

   2. Program peningkatan dan pengembangan daya saing industri   

  1. Cakupan penataan kawasan dan penguatan struktur industri (20%)
  2. Cakupan peningkatan mutu /daya saing, standarisasidan sertifikasi produk (20%)
  3. Cakupan penumbuhan dan pengembangan wira usaha baru bidang industri (%)
  4. Cakupan kemitraan usaha dan pengembangan klaster industri (%)

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan program dan kegiatan tahun anggaran 2017 dapat lebih terarah sesuai dengan target kinerja yang telah di tetapkan. Untuk itu di perlukan komitmen dan konsisten dalam mensinergikan program/kegiatan dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Hal tersebut akan di tuangkan dalam berita acara kesepakatan antara dinas perindustrian dan perdagangan provinsi banten dengan dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten/kota.

 


Share Berita


Komentari Berita