Disperindag Dukung Kegiatan Bimbingan Teknis Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022

Disperindag Dukung Kegiatan Bimbingan Teknis Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022

Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten menggelar Bimbingan Teknis terkait “Penyusunan Daftar Informasi Publik dan Pengecualian Informasi Publik serta Persiapan Monitoring dan Evaluasi Tahun 2022.”

Dinas Perindustrian dan Perdagangan turut hadir secara langsung Plt.Sekretaris Dinas Drs. Herry Purnomo selaku PPID Pelaksana dan Candra Septiana sebagai operator PPID serta Website Disperindag Provinsi Banten.

Hadir secara daring Sekretaris Daerah Provinsi Banten AlMuktabar memberikan sambutan, arahan sekaligus membuka acara tersebut. Hadir bersama Komisi Informasi Banten Heri Wahidin.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten Ir. Hj. Eneng Nurcahyati, M.Par mengajak para peserta untuk terus bergerak dan bersemangat membuat Provinsi Banten menjadi Provinsi yang Informatif bagi Publik.

“Target kita di Tahun ini adalah Provinsi Informatif 100%, hanya ada dua kategori yaitu Menuju Informatif dan Informatif” ungkap Ir. Hj. Eneng Nurcahyati, M.Par.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Banten pada Tahun 2021 diikuti oleh 39 OPD dilingkungan Provinsi Banten. Untuk Disperindag sendiri mendapat penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021 Kategori Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Banten sebagai Badan Publik : “Menuju Informatif.”

Pembahasan Materi Narasumber pada acara dimaksud antara lain gambaran umum, pengelolaan PPID Pemprov Banten, peran PPID Pelaksana, penyusunan DIP, informasi yang dikecualikan, pendampingan sengketa, persiapan monitoring dan evaluasi KIP tahun 2022.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Komisi Infomasi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) terdapat perubahan istilah yang semula PPID pembantu menjadi PPID Pelaksana.